Pages

 

Sunday 11 October 2009

Fasilitas Pendidikan STIKes 'Aisyiyah Bandung

Untuk menunjang proses belajar-mengajar sebagai upaya pencapaian tujuan pembelajaran, maka STIKes Aisyiyah Bandung senantiasa mengembangkan sarana dan prasarananya. Adapun sarana dan prasarana yang ada dan akan terus dikembangkan adalah :

Gedung Kampus
STIKes Aisyiyah Bandung saat ini menempati lokasi :
Kampus I yang terletak di Jl. Banteng Dalam No.6 Bandung digunakan sebagai :
Ruang kuliah.
Ruang dosen.
Ruang administrasi perkantoran.
Perpustakaan.
Laboratorium keperawatan.
Aula.

Perpustakaan

Perpustakaan merupakan salah satu komponen penting dalam setiap penyelenggaraan pendidikan, pengajaran dan penelitian. Bagi sebuah perguruan tinggi, perpustakaan merupakan jantungnya pendidikan, library is the heart of the educational programs. Perpustakaan STIKes Aisyiyah Bandung merupakan salah satu unit penunjang yang secara bersama-sama dengan unit lain, turut melaksanakan tridharma perguruan tinggi, yaitu fungsi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Pelaksanaan fungsi tridharma perguruan tinggi di perpustakaan direalisasikan dengan cara memilih, menghimpun, mengolah, merawat, serta memberikan layanan sumber informasi kepada seluruh civitas akademika, baik Mahasiswa, dosen, maupun karyawan. Ketiga fungsi tridharma perguruan tinggi tersebut juga sejalan dengan fungsi universal perpustakaan, yaitu fungsi edukatif, fungsi informatif, fungsi rekreatif dan fungsi penelitian.
Secara umum keadaan perpustakaan STIKes Aisyiyah Bandung dapat diuraikan berikut ini :
1. Perpustakaan menempati dua ruangan yang masing-masing digunakan sebagai ruang koleksi dan pelayanan peminjaman serta ruang baca.
2. Koleksi perpustakaan terdiri dari buku-buku yang menunjang pengembangan kegiatan akademik, seperti : buku teks, referensi, kaset, laporan kegiatan, majalah, jurnal, dan koran.
3. Alat bantu penelusuran koleksi perpustakaan yang tersedia adalah buku induk koleksi dan kartu katalog. Buku induk koleksi memuat seluruh koleksi yang tersedia di perpustakaan, baik koleksi buku teks, majalah, jurnal, maupun laporan kegiatan. Sedangkan kartu katalog adalah sebuah kartu yang menunjukkan daftar koleksi menurut susunan tertentu yang memuat keterangan tentang sebuah buku. Kartu katalog yang dipergunakan adalah katalog berdasarkan pengarang.
4. Pengelompokan koleksi perpustakaan mengacu kepada sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification). Penggunaan sistem klasifikasi DDC tidak seluruhnya dipakai karena pengklasifikasian yang digunakan disusun berdasarkan kebutuhan dan keadaan koleksi, yaitu sebagai berikut :
000 : Koleksi karya umum, filsafat dan ilmu-ilmu sosial.
200 : Koleksi buku-buku agama.
400 : Koleksi buku bahasa dan sastra.
610 : Koleksi buku-buku kedokteran. 
610.7 : Koleksi buku-buku keperawatan
614 : Koleksi buku-buku kesehatan masyarakat.
Sedangkan koleksi majalah dan laporan kegiatan diklasifikasikan dalam kelompok tersendiri.

5. Sistem pelayanan peminjaman menggunakan sistem pelayanan terbuka, yaitu semua pengguna perpustakaan dapat secara langsung mencari dan memilih koleksi yang dibutuhkannya.

Pelaksanaan program pelayanan peminjaman dilaksanakan setiap hari secara berkala. Untuk penggunaan perpustakaan STIKes Aisyiyah diatur dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Ketentuan umum
1. Perpustakaan terbuka utnuk seluruh civitas akademika STIKes Aisyiyah, baik Mahasiswa, dosen, maupun karyawan. Selain itu, perpustakaan Akper Aisyiyah juga melayani masyarakat umum yang ketentuannya diatur tersendiri.
2. Fasilitas perpustakaan yang terdiri dari buku-buku, majalah, dan lain-lain dapat dipergunakan oleh anggota melalui prosedur yang telah ditentukan.
b. Peraturan penggunaan.
1. Pengunaan perpustakaan hanya dilakukan pada setiap hari senin s.d. Kamis pukul 08.00-14.00 WIB, hari jum’at pukul 08.00-13.00 WIB, dan hari Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB.
2. Setiap pengguna perpustakaan diwajibkan untuk mengisi buku kunjungan perpustakaan.
3. Setiap pengguna perpustakaan diwajibkan untuk menyimpan tas dan jaket di tempat yang sudah ditentukan.
4. Setiap pengguna perpustakaan diwajibkan untuk turut serta menjaga ketenangan, ketentraman, keamanan dan kebersihan di ruangan perpustakaan.
5. Setiap pengguna perpustakaan tidak diperbolehkan membawa makanan ke dalam ruangan perpustakaan.
c. Peraturan peminjaman
1. Peminjaman dan pengembalian buku hanya dapat dilakukan pada jam kerja melalui petugas perpustakaan.
2. Semua bahan pustaka pada dasarnya dipinjamkan, kecuali koleksi referensi yang hanya dapat digunakan di ruangan perpustakaan atas seizin petugas perpustakaan.
3. Banyaknya buku yang dapat dipinjam maksimal sebanyak dua eksemplar, dan majalah satu eksemplar untuk setiap kali peminjaman. Sebelum mengembalikan buku pinjamannya, peminjam tidak diperbolehkan meminjam bahan pustaka lainnya.
4. Jangka waktu peminjaman selama tujuh hari dan hanya dapat diperpanjang selama satu minggu, apabila tidak ada anggota lain yang akan meminjam.
5. Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan teguran dan sanksi atau denda sebesar Rp. 500/hari.
6. Buku pinjaman yang hilang dan rusak harus diganti dengan buku yang sama oleh semua pengguna perpustakaan baik Mahasiswa, karyawan, maupun dosen.
d. Peraturan Tambahan
Hal-hal yang belum diatur dalam petunjuk penggunaan ini dan kemudian dianggap perlu, akan diatur dalam suatu peraturan tersendiri.

Audio Visual
Perlengkapan audio visual sebagai alat penunjang proses belajar-mengajar yang dimiliki oleh STIKes Aisyiyah terdiri dari :
Peralatan instruksional yang meliputi overhead proyektor, video, tape recorder, dan televisi.
Peralatan tata suara, yang meliputi pengeras suara dan wireless.

 
STIKes 'Aisyiyah Bandung © 2011 created By Aef Herosandiana DheTemplate.com. Supported by PsPrint Emeryville and homeinbayarea.com
Flame